Who Are You?

Saya tidak ingin menulis segala macam title seperti business owner-lah, dirut, success coach, business coach yang punya ini, punya itu, bla bla bla.

Nope!

Buat saya, nggak penting seseorang memiliki sederet ‘prestasi’ panjang tanpa rekam jejak digital yang membuktikan bahwa dia punya hati berbagi ilmu dan pengalaman bisnis yang dikuasainya.

Nama saya Gamaliel Marthin Susanto (GM SUSANTO).

Saya ingin Anda mengingat saya sebagai seorang #1 Digital Communicator, seseorang yang bisa membantu Anda atau perusahaan Anda menyampaikan pesan keunggulan dari produk (program) atau jasa yang Anda jual sehingga menjadi pilihan pertama di benak pelanggan melalui digital marketing yang simple dan powerful.

Sebagai praktisi, saya telah sukses menjual 1 JUTA PCS PRODUK FASHION SECARA ONLINE.

Thats it!

Sebagai seorang praktisi, guru dan juga e-commerce entrepreneur, saya telah memanfaatkan internet sebagai sumber income utama. Selama lebih dari 10 tahun terakhir ini, saya terus-menerus mendapatkan order pesanan produk atau jasa yang saya jual secara online. Setiap hari, tanpa pernah libur seharipun!

Dari garasi rumah mertua, usaha melalui (toko) online yang saya rintis bersama istri saya telah sukses berjalan lebih dari 8 tahun. Saat ini saya dibantu sekitar 20-an karyawan yang berdedikasi untuk membantu menjalankan bisnis ini.

Sedikitnya 19 ribu member berbayar telah membeli dan merasakan manfaat dari beberapa produk tutorial (e-learning) yang pernah saya buat. Saya telah mendapatkan ribuan review positif terhadap e-course yang saya jual. Belum lagi email berisi ucapan terimakasih karena kehidupan bisnis dan juga keuangan dari ratusan member yang telah berubah sejak belajar bersama saya.

Melalui pengalaman itulah, saya banyak menulis dan membagikan tips-tips praktis melalui blog, email newsletter, dan video tutorial (dulu blognya kayadaribisnisinternet.com).

Alasannya sederhana, menulis dan berbagi adalah salah satu cara untuk tetap membuat saya antusias setiap harinya.

Saya memiliki hati sebagai seorang pengajar yang membawa misi untuk mengajar dan menginspirasi 1 juta orang di Indonesia agar melek digital marketing dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Sehingga mereka mengalami perubahan mindset dan transformasi dalam menjual produk dan jasa melalui internet.

Metode dan strategi digital marketing yang saya susun ini, bisa membantu individu sampai perusahaan untuk secara efektif memanfaatkan media digital marketing sehingga produk dan jasa yang dijual bisa menjadi pilihan pertama di benak customer yang dibidiknya.

Berikut sekilas perjalanan saya di dunia internet marketing :

Tahun 2006 mulai serius jualan online, menggarap pasar lokal dan luar negeri dengan berjualan ebook.

Tahun 2008 memutuskan untuk menjadi full timer internet marketer.

Tahun 2009 sukses menjual e-course tentang affiliate marketer clickbank.

Tahun 2010 sukses menjual e-course tentang toko online.

Tahun 2012, saya memutuskan untuk ‘retire’.

Di tahun tersebut saya memiliki banyak waktu atau istilahnya freedom of time.

Saya hanya bekerja di depan laptop rata-rata 7-9 jam per minggu.

Selama kurun waktu 3 tahun berikutnya fokus hidup saya lebih banyak untuk ‘bersenang-senang’.

Jalan-jalan, memuaskan mata, perut dan menghabiskan isi dompet tanpa takut isinya berkurang. Namun, jujur hati saya hampa, bahkan sebenarnya tidak ada pertumbuhan disana. Saya bosan 😀

Tahun 2015 adalah satu fase dimana saya mengalami kemunduran dari segi psikis.

Pemicunya adalah kepergian papa saya untuk selama-lamanya, tepat 1 tahun setelah anak pertama saya lahir.

Btw, saya harus menunggu sampai 6 tahun ketika putri pertama saya lahir. Dan setahun setelah anak saya lahir, papa yang begitu saya kasihi, pergi untuk selama-lamanya. Beliau pergi saat saya sedang fokus ‘berburu’ properti yang ke-sekian.

Selama satu tahun setelahnya, saya hampir dikatakan tidak pernah membuka laptop.

Blog nggak terawat dengan baik, saya sudah malas berbagi ilmu baik melalui facebook, email newsletter atau video. Bersyukurnya, sumber income saya dari internet masih terus memberikan pendapatan pasif yang lebih dari cukup setiap bulannya.

Sampe akhirnya mindset saya mulai terbuka.

Makna ‘retire’ sesungguhnya bukanlah karena seseorang yang sudah tidak lagi bekerja sama sekali.

Ini salah!
Mereka tetap bekerja bukan karena HARUS BEKERJA tapi karena INGIN BEKERJA.

Dan biasanya pekerjaan yang dipilih maknanya sangat personal. Kata HARUS dan INGIN bekerja itu punya 2 makna yang sangat berbeda.

Kehadiran anak saya dan juga kepergian papa tercinta, membuat saya memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang ‘sukses materi’ yang telah saya raih di usia saya tersebut.

Akhir tahun 2016 saya mulai belajar berdamai. Dan minta visi yang baru dari Tuhan. Karena di titik itulah, saya mulai sadar betapa sombongnya saya dan merasa memiliki semua yang telah saya dapat dari hasil usaha saya.

Tahun 2017 saya kembali lagi dengan membawa visi baru.

Buku The Power Of Digital Marketing adalah buku karya pertama saya yang diterbitkan oleh PT Elex Media, Kompas Group di akhir bulan September 2017.

Sebenarnya, sudah sejak tahun 2012, saya diminta untuk menulis buku tentang internet marketing oleh Gramedia.

Namun, saat itu saya belum dapatkan strong why-nya 😀

Di bulan Mei 2017, dalam kurun waktu sekitar 8 hari, semenjak saya mengirimkan draft buku ‘The Power Of Digital Marketing’ ini ke penerbit, saya dipanggil dan diberitahu bahwa buku saya langsung diterima untuk diterbitkan tanpa ada koreksi mayor. 🙂

Ada sedikit koreksi minor seperti huruf besar, huruf kecil, spasi. Tapi kontennya sama sekali tidak ada yang dirubah.

Ada lebih dari 180 pages konten yang saya tulis dan berisi strategi digital marketing yang membumi tentang bagaimana membuat pendapatan Anda baik secara individu maupun bisnis bisa naik kelas dengan cara yang tidak pernah Anda duga.

Buku tersebut adalah buku terbaik versi penerbit untuk kategori internet marketing, konten tulisannya 2 warna, berisi materi ‘daging’ berupa how-to, studi kasus dan sukses story.

Saya membagikan pengalaman 10 tahun saya dalam memonetize ide dan pengalaman saya dalam berbisnis online, sehingga sekalipun saya tertidur namun ‘komputer’ saya terus menerus memberikan income setiap hari.

Seru!

Saya bersyukur diberikan kesempatan dan kepercayaan oleh pihak penerbit untuk bisa berbagi melalui buku ‘The Power Of Digital Marketing’ ini.

Cetakan pertama disepakati di cetak sebanyak 4000 eksemplar.

Dan mulai di jual secara nasional di pertengahan bulan September 2017.

Dalam waktu kurang dari 2 bulan, saya diberikan kabar bahwa buku saya telah naik cetak kedua kalinya.

Saya kembali bersyukur mendengarnya 🙂

Sampai hari ini, saya merasakan visi saya semakin di pertajam, Tuhan sedang membawa saya untuk semakin diperlengkapi dengan ilmu, skill dan juga networking sehingga nantinya saya semakin bisa membawa dampak yang lebih besar bagi orang lain.

Saya mulai memperbaiki mindset saya dalam berbisnis, yang tadinya menjalankan bisnis dengan ‘Finansial Purpose’ mulai diarahkan menjadi ‘God Purpose’.

Inilah perjalanan iman saya. Perjalanan untuk mengalahkan ketakutan dan membangunkan ‘raksasa’ dalam diri.

Lets the journey begin!

Oh ya, Anda bisa ikuti cerita dan juga tips-tips praktis yang saya publish di instagram @gmsusanto.

Anda bisa menghubungi saya melalui form kontak di bog ini, atau Anda bisa japri saya jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan melalui WA di nomor 081.90.30.900.12

Temanmu,
GM SUSANTO
#1 Digital Communicator